Sekilas Pengalaman Hidup :
Home » » Menikmati Sejuknya Pantai Teluk Mata Ikan Nongsa

Menikmati Sejuknya Pantai Teluk Mata Ikan Nongsa

Written By Unknown on Wednesday, December 11, 2013 | 11:27 PM

Pemandangan pantai saat memasuki kampung tua Teluk Mata Ikan
Salah satu Kampung tua yang berada di Kecamatan Nongsa adalah Kampung Tua Teluk Mata Ikan. Letaknya nun di ujung semenanjung Nongsa. Kalau anda mau ke sini dengan metrotrans, naiklah yang jurusan jodoh-nongsa. Pemberhentian terakhir rute tersebut di teluk mata ikan. 

Gapura besar langsung menyambut kita saat memasuki kampung tua teluk mata ikan. Gapura tersebut merupakan hasil pembangunan pemko batam sebagai penanda bahwa di sini adalah kampung tua batam. Selain di teluk mata ikan, gapura atau tugu kampung tua juga di bangun di 35 kampung lain.


Gapura Pintu Masuk Teluk Mata Ikan

Tak ada yang istimewa di teluk mata ikan. Satu-satunya daya tarik adalah pantainya. Pantai berpasir putih membentang hampir dua kilometer dari utara ke selatan. Sayang, anugerah pantai berpasir itu tampak kurang dirawat. Sampah dan bebatuan tampak mengotori pantai di banyak tempat. Padahal teluk mata ikan ini termasuk salah satu objek wisata yang mendapat pembenahan infrastruktur oleh pemkot demi mendukung program Visit Batam 2010 lalu.





Beberapa bangunan yang dibangun Pemko Batam yang tak terawat lagi
Pemko sempat membangun sejumlah pondok (gazebo), toilet dan kios-kios di salah satu sudut pantai teluk mata ikan. Sayang, fasilitas yang menghabiskan anggaran ratusan juta tersebut kini terbengkalai. Gazebonya menjelang keropos, toilet tak berfungsi, lokasinya pun ditumbuhi alang-alang, tanda tak terawat. Saya tak tahu siapa yang salah – pemerintah, penduduk, atau kondisi (pengunjung sepi) – yang jelas untuk sampai ke lokasi pantai ini saja jalannya sudah tidak mendukung. 

Jalan masuk ke pantai hanya berupa jalan setapak di mana mobil tak akan bisa lewat, motor pun harus megal megol karena jalannya berpasir. 

Sebelum memasuki perkampungan tua teluk mata ikan, kita akan menemukan sebuah pesantren, namanya Yayasan Pondok Pesantren Al Fateh. kita bisa menyaksikan hamparan pantai yang luas di samping gapura pintu masuk kampung tua Teluk Mata Ikan. 

Papan Pesantren Al - fateh

Di Kampung Tua Teluk Mata Ikan udaranya masih asri dan jauh dari keramaian kendaraan yang lalu lalang, apalagi polusi industri yang ada di Batam. 

Dan sekedar Informasi bagi anda, bahwa di kampung tua Teluk Mata Ikan, penduduknya rata-rata berasal dari suku bugis tepatnya Kepulauan Selayar. 

Silahkan lihat galery foto saat kami berkunjung ke Kampung Tua Teluk Mata Ikan, Klik disini

  
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Creating Website | Awaluddin, SE | Sekilas Pengalaman
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Sekilas Pengalaman Hidup - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Awaluddin, SE