Sekilas Pengalaman Hidup :
Home » » Kampanye Penyelamatan Terumbu Karang Kepulauan Selayar

Kampanye Penyelamatan Terumbu Karang Kepulauan Selayar

Written By Unknown on Tuesday, December 10, 2013 | 12:12 AM

Pemasangan Banner Save Our Corel di Jalan Masuk Kota Benteng
"Save Our Coral Reef". Merupakan kata yang pas untuk kondisi ekosistem terumbu karang kita dewasa ini. Terumbu karang yang memiliki banyak manfaat bagi kita maupun biota yang hidup di sekitarnya kini mulai hancur akibat ulah nakal manusia.

Terumbu karang memiliki banyak peran, misalnya menurut Dwimaribbi (2010);
Terumbu karang merupakan habitat bagi banyak spesies laut untuk melakukan pemijahan, peneluran, pembesarananak, makan dan mencari makan (feeding & foraging), terutama bagi sejumlah spesies yang memiliki nilai ekonomis penting.
Terumbu karang sebagai gudang keanekaragaman hayati menjadikannya sebagai sumber penting bagi berbagai bahan bioaktif yang diperlukan di bidang medis dan farmasi.
Struktur masif dan kokoh dari terumbu berfungsi sebagai pelindung sempadan pantai, dan ekosistem pesisir lain (padang lamun dan hutan mangrove) dari terjangan arus kuat dan gelombang besar.







Perusakan terumbu karang oleh manusia biasanya dengan jalan penggunaan dinamit dan trawl dalam perikanan, menangkap ikan dengan zat kimia beracun, dan digunakannya karang untuk hiasan air yang pengambilannya secara ilegal; dan masih banyak lagi.

Jikalau terumbu karang dieksploitasi secara ilegal dan dengan cara ilegal seperti di atas maka ekosistem perairan laut akan goyah nantinya. Dan juga perlu diketahui pertumbuhan karang (menurut beberapa sumber) adalah 0,2 mm – 0,8 mm per tahun. Bayangkan...!


Bersama-sama teman-teman organisasi PLH Silajara melakukan aksi damai mengajak masyarakat Kepulauan Selayar, khususnya masyarakat Kota Benteng untuk peduli terhadap biota laut, khususnya penyelamatan terumbu karang, salah satu tujuan PLH Silajara adalah berusaha untuk menyelamatkan terumbum karang khususnya di Taman Nasional Taka Bonerate dengan aksi membagi-bagikan gift pada pengguna jalan dan dalam acara gerak jalan santai dalam rangka HUT TNI di Kepulauan Selayar kala itu.






Berawal dari pembuatan gift penyelamatan terumbu karang yang merupakan pesar moral terhadap masyarakat Kepulauan Selayar yang akan dibagikan nantinya, dikerjakan selama satu minggu. dilanjutkan pembuatan rangka spanduk kampanye penyelamatan terumbu karang. sangat memang menguras tenaga, tapi itu semua adalah demi kelangsungan dan keselamatan alam kita. 

Kegiatan dipusatkan di Lapangan Pemuda Benteng kepulauan Selayar dengan cara membagi-bagikan gift yang telah dibuat, kepada masyarakat dan kepada peserta gerak jalan sehat yang diselenggarakan oleh Kodim 1415 Selayar. dilanjutkan ke Dermaga Rauf Rahman Benteng, dengan sasaran para nelayan pencari ikan di laut, 



Target ke Dermaga Rauf Rahman Benteng ini adalah untuk memberikan penyadaran kepada nelayan tradisional Kepulauan Selayar, agar dalam menangkap ikan di laut, tidak menggunakan Bom ataupun semacamnya, yang tentunya akan merusak biota laut. 


Nah itulah pengalaman hudupku yang tak mungkin terlupakan, dan sampai akhirnya ketuangkan dalam sebuah cerita, dan semoga bermanfaat bagi teman-teman pembaca semua, gimana berminat gabung dan mengkampanyekan terumbu karang di wilayah teman-teman semua. ? kami nantikan aksi anda...




Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Creating Website | Awaluddin, SE | Sekilas Pengalaman
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Sekilas Pengalaman Hidup - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Awaluddin, SE