Sekilas Pengalaman Hidup :
Home » » Mengenal Lebih Dekat Lapangan Pemuda Benteng Kepulauan Selayar

Mengenal Lebih Dekat Lapangan Pemuda Benteng Kepulauan Selayar

Written By Unknown on Tuesday, April 8, 2014 | 1:19 AM

Lapangan Pemuda Benteng
Lapangan Pemuda adalah alun-alun yang terletak di tengah Kota Benteng. Penamaan Lapangan Pemuda diberikan untuk menghormati para pemuda pejuang kemerdekaan yang melakukan pertempuran dengan penjajah Belanda di lapangan ini. Lapangan Pemuda mulai dibangun pada zaman kolonial dan sudah disiapkan sebagai pusat kota. Di sekelilingnya terdapat Rumah Jabatan Bupati, Rumah Tahanan Selayar, Kantor Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, dll

Lapangan ini diperkirakan dibuat bersamaan dengan pembangunan Rumah Controleur Belanda - kini Rumah Jabatan Bupati sekitar tahun 1850-an, yang pada awalnya dipersiapkan menjadi tempat pacuan kuda.

Sejak itu, lapangan ini menjadi pusat aktifitas masyarakat, termasuk untuk perayaan, pasar malam atau sekedar berjalan-jalan. terkadang juga dipakai untuk pertandingan Sepakbola, ataupun untuk latihan Sepakbola, kalau ada perayaan besar, tentulah tempatnya di Lapangan Pemuda Benteng. Lapangan Pemuda Benteng juga dipakai untuk melaksanakan Hari-Hari Besar Keagamaan. (Id ataupun Idul Adha)

Patung disebelah Barat Lapangan Pemuda
Di sebelah barat Lapangan pemuda Benteng, terdapat Patung yang merupakan simbol perjuangan masyarakat Selayar pada masa penjajahan, sayangnya sejarah tentang Perjuangan Selayar hanya sedikit. di belakang p;atung adalah Kantor KNPI Selayar, biasanya dipakai untuk lokasi para Undangan/tamu ataupun para pimpinan SKPD, Muspida manakala ada upacara-upacara nasional, ataupun saat pelaksanaan upacara Hari Jadi Selayar. 
Lapangan Pemuda Benteng - Selayar

Lapangan Pemuda Benteng - Selayar

Lapangan Pemuda Benteng - Selayar

Lapangan Pemuda Benteng - Selayar


Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Creating Website | Awaluddin, SE | Sekilas Pengalaman
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Sekilas Pengalaman Hidup - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Awaluddin, SE