Sekilas Pengalaman Hidup :
Home » » Nikmatnya Seafood Ala Tanjung Piayu Batam "Part II"

Nikmatnya Seafood Ala Tanjung Piayu Batam "Part II"

Written By Unknown on Thursday, May 1, 2014 | 11:31 PM

Salah satu wisata bahari yang terdapat di Pulau Batam adalah Pantai Piayu Laut. Sebahagian besar masyarakat Pulau Batam pasti sudah tak asing dengan pantai yang satu ini, karena pantai ini termasuk pantai yang paling indah di Pulau Batam selain pantai Mirota yang juga sudah sangat populer di kalangan wisatawan. Pantai Piayu Laut ini terletak di salah satu titik Kampung Tua yang terletak di Pulau Batam, kampung tersebut bernama Kampung Tanjung Piayu Laut.

Ya, Kampung Tanjung Piayu Laut ini merupakan kampung yang masyarakatnya masih mempertahankan tradisi dan budaya tradisional khas Melayu, hal tersebut dibuktikan dengan bangunan rumah penduduk yang sebahagian besar masih terbuat dari papan, bahkan beberapa rumah di kampung tersebut juga masih menggunakan daun kelapa sebagai atapnya. Dikarenakan karakteristik tradisional itulah yang menjadikan Kampung Tanjung Piayu Laut ini menjadi salah satu Kampung Tua yang terkenal di Pulau Batam.

Pemandangan laut bisa disaksikan saat menyambangi Tanjung Piayu Batam
Pantai Piayu Laut memiliki panorama yang sangat indah. Lautnya yang berwarna biru jernih tampak dari kejauhan, dengan bebatuan karang yang menghiasi di sekitarnya. Ya, pantai Piayu laut ini bukanlah pantai yang memiliki pasir-pasir seperti pantai-pantai yang lain. Namun ke-eksotisan pantai tersebut tidak kalah menariknya dari pantai-pantai yang lain. Apalagi bagi wisatawan yang memiliki hobbi memancing, karena di pantai ini juga disediakan kawasan khusus yang bisa digunakan untuk memancing tepatnya di sebelah selatan Pantai Piayu Laut dimana ada banyak terdapat bebatuan karang yang cukup besar.

Pintu masuk Kampung Tua Tanjung Piayu Batam
Satu hal yang unik dari kawasan ini, wisatawan bisa berjalan sedikit menuju ke Puncak Bukit Piayu Laut yang tidak begitu jauh dari kawasan Pantai. Maka yang akan di dapatkan adalah nuansa keindahan yang sangat eksotis di sekitarnya. Dari atas bukit, Pantai Piayu Laut terlihat akan memancarkan berbagai warna, seperti warna hijau dan biru, kemudian beberapa pulau kecil yang mengelilingi Pulau Batam terlihat seperti gundukan bukit yang berwarna hijau dari kejauhan seperti pulau Momoi, pulau Awi dan pulau Anak Mati.

Pihak pengelola Pantai Piayu Laut juga mempunyai ragam kegiatan yang disediakan untuk para wisatawan. Seperti kegiatan kayaking yang merupakan kegiatan berkayak di laut, kegiatan ini merupakan kegiatan yang menguji adrenalin sekaligus menguji nyali para wisatawan. Bagi wisatawan yang ingin melakukan kegiatan kayaking ini, bisa meminta petunjuk terlebih dahulu kepada pihak pengelola. Tentunya kegiatan kayaking ini bukan sembarangan dapat dilakukan oleh wisatawan karena harus didampingi oleh para pelatih yang sudah ahli. Namun satu hal yang harus diperhatikan adalah kegiatan kayaking ini hanya dilakukan ketika air laut sedang pasang, jika air laut surut maka kegiatan kayaking ini ditiadakan untuk sementara.

Jembatan Barelang bisa dilihat dari Tanjung Piayu Batam
Pantai Piayu Laut ini bukanlah pantai yang ramai dikunjungi oleh para wisatawan. Ya, hanya terlihat beberapa saja yang datang bahkan di hari libur. Biasanya yang datang ke Pantai ini hanya wisatawan yang berasal dari luar negeri, sebab mayoritas dari mereka lebih menyukai suasana yang tenang dan tradisional. Menurut informasi, kawasan ini pun sudah lama dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar pesisir pantai sebagai tempat mencari nafkah dengan melakukan usaha membuat batu bata.

Karena keindahannya yang eksotis ini, biasanya Pantai Piayu Laut juga tak lepas dari objek potret kamera para fotografer yang mengambil tema panorama alam. Mereka mengabadikan setiap sudut-sudut di Pantai Piayu Laut ini seperti lautnya biru hingga pohon-pohon yang terdapat disekitar pantai. Dikarenakan perpaduan antara keduanya akan menghasilkan kombinasi yang indah dalam sebuah karya fotografi.

Seafood ala Tanjung Piayu Batam

Seafood ala Tanjung Piayu Batam

Seafood ala Tanjung Piayu Batam

Seafood ala Tanjung Piayu Batam

Seafood ala Tanjung Piayu Batam

Seafood ala Tanjung Piayu Batam

Seafood ala Tanjung Piayu Batam

Seafood ala Tanjung Piayu Batam


Seafood ala Tanjung Piayu Batam

Seafood ala Tanjung Piayu Batam

Nah, bagi Anda yang menyukai suasana laut yang tenang dan tidak terlalu ramai. Pantai Piayu Laut dapat menjadi pilihan berwisata bahari Anda dan keluarga. Namun jangan khawatir bagi Anda yang tidak membawa bekal makanan karena di Pantai Piayu Laut ini pihak pengelola juga menyediakan beberapa restaurant yang menyajikan hidangan Seafood khas Kepulauan Riau yang bisa Anda pesan !

Namun satu hal yang paling penting, tetaplah menjaga kebersihan alam dan lingkungan sekitar dimanapun Anda berada. Agar panorama alam tersebut tidak terganggu oleh kurangnya kesadaran diri kita untuk tidak membuang sampah sembarangan.
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Creating Website | Awaluddin, SE | Sekilas Pengalaman
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Sekilas Pengalaman Hidup - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Awaluddin, SE