Sekilas Pengalaman Hidup :
Home » » Jembatan Barelang "Icon Pulau Batam"

Jembatan Barelang "Icon Pulau Batam"

Written By Unknown on Tuesday, December 10, 2013 | 1:02 AM

Berbicara tentang Jembatan Barelang, tentunya sudah sangat banyak sekali referensi tentang hal ini. baik informasi melalui internet maupun melalui surat kabar khususnya terbitan di Kota Batam. tapi tidak ada salahnya saya mengulang kembali asal muasala dari Jembatan Barelang 

Jembatan Barelang (singkatan dari Batam, Rempang, Galang) adalah nama jembatan yang menghubungkan pulau-pulau yaitu Pulau Batam, Pulau Tonton, Pulau Nipah, Pulau Rempang, Pulau Galang dan Pulau Galang Baru. Masyarakat setempat menyebutnya "Jembatan Barelang", namun ada juga yang menyebutnya "Jembatan Habibie", karena beliau yang memprakarsai pembangunan jembatan itu untuk menfasilitasi ketiga pulau tersebut yang dirancang untuk dikembangkan menjadi wilayah industri di Kepulauan Riau. Ketiga pulau itu sekarang termasuk Provinsi Kepulauan Riau.

Dengan jarak sekitar 20 km dari pusat kota, kita sudah dapat melihat rangkaian dari enam jembatan yang kl dihubungkan secara total memiliki panjang mencapai 2 km. Seluruh jembatan ini katanya selesai dibangun tahun 1992, dan memiliki nama yang diambil dari nama raja-raja yang dulunya berkuasa di Melayu-Riau (abad 15-18).



Keenam buah jembatan Barelang tersebut terdiri dari:

Jembatan Tengku Fisabilillah (jembatan I)
Jembatan Nara Singa (jembatan II)
Jembatan Raja Ali Haji (jembatan III)
Jembatan Sultan Zainal Abidin (jembatan IV)
Jembatan Tuanku Tambusai (jembatan V)
Jembatan Raja Kecik (jembatan VI)

Untuk Jembatan Tengku Fisabilillah (Jembatan I) adalah jembatan yang terbesar, tetapi bagi masyarakat Batam bahkan masyarakat Indonesia, yang ditahu hanyalah Jembatan Barelang, dan merupakan icon Pulau Batam. Jembatan Barelang ini juga selalu menjadi icon promosi Pulau Batam, seperti misalnya Visit To Batam yang memasang Jembatan Barelang sebagai icon visit. 


Bagi masyarakat domestik dan masyarakat yang sengaja berkunjung ke Batam, tak lengkap kiranya kalau kita tidak berkunjung ke Jembatan Fisabilillah. Jembatan Fisabilillah ini setiap hari selalu dikunjungi oleh masyarakat hanya untuk mengambil gambar. di sana juga sudah menjamur penjual minuman dan makanan, Pemerintah Kota Batam pun selalu mengembangkan dan membangun sarana cantik dan Indah hanya untuk menambah keunikan Jembatan Barelang (Fisabilillah) ini.



Sarana Keindahan itu dinamakan Plaza Barelang Batam. dengan bangunan yang unik menambah keindahan Jembatan Fisabilillah ini, Setiap hari masyarakat silih berganti mengambil gambar hanya untuk ingin mengabadikan moment terindah itu. 



Sayangnya, saya belum sempat dan belum pernah menikmati indahnya Jembatan Barelang dikala malam hari, kata orang, menikmati Jembatan Barelang (Fisabilillah) paling indah manakala berkunjung dimalam hari. 

Gimana ? berminat, silahkan kunjungi Jembatan Fisabilillah tersebut yang merupakan Jembatan terbesar di P. Batam yang merupakan prakarsa dari guru besar kita B.J Ing Habibie kala itu. Semoga bermanfaat.

Berikut pemandangan di seputaran Jembatan Fisabilillah itu.


















Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Creating Website | Awaluddin, SE | Sekilas Pengalaman
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Sekilas Pengalaman Hidup - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Awaluddin, SE