Sekilas Pengalaman Hidup :
Home » » Aku & Sang Buah Hati

Aku & Sang Buah Hati

Written By Unknown on Wednesday, December 11, 2013 | 12:50 AM

Kelahiran sang buah hati tercinta tentunya menjadi momentum paling berharga dan ditungu tunggu oleh semua calon ayah bunda atau pasangan suami istri. 

Apalagi jika kehamilan tersebut merupakan kehamilan pertama kalinya atau anak pertama pastilah sangat ditunggu sekali. Akan tetapi tak terlepas dari moment yang membahagiakan itu, sebaiknya kita persiapkan sejak dini segala sesuatunya agar dalam menghadapi proses persalinan atau kelahiran nantinya berjalan lancar.

Sebelum memasuki point inti persalinan, perlu kita ketahui beberapa perkembangan sang bayi dalam 3-4 minggu terakhir saat menjelang kelahirannya : 
Usia kehamilan 37 minggu. Pada usia ini bayi sudah dikatakan aterm atau cukup bulan, apabila lahir dia sudah siap karena seluruh fungsi organ tubuhnya suda bisa matang untuk bekerja sendiri. dengan berat kurang lebih 2.800 gram, panjang kurang lebi 47 cm, dan memiliki rambut kepala yang tumbuh dengan baik, kulit licin dengan bulu bulu halus dan alat kelamin yang telah matang dan tulang tulangnya telah berkembang baik. kepala bayi biasanya telah masuk kejalan lahir, meski sebagian kecil diantaranya dengan posisi sungsang.

Selamat datang di Dunia Fana Nak, 
Usia 38 minggu Diusia ini panjang janin lebih dari 47 cm dan memiliki berat badan kurang lebih 2.850 gram atau lebih dan peningkatan berat badan ini disebabkan oleh bertambahnya lemak yang tersimpan dibawah kulit. tubuh menjadi montok dan keriput dimukanya telah hilang tulang kepala suda kian kukuh dan saling merapat kecuali dibagian ubun ubunnya, pada saat ini sang ibu biasanya mengalami perasaan yang amat cemas menanti kelahiran seingga akan menimbulkan gangguan emosional. diwaktu seperti saat ini sang ibu perlu memperbanyak porsi relaksasi.

Usia 39 minggu Biasanya dokter atau bidan telah siaga jika sewaktu waktu kehamilan ini sampai lewat waktu, karena jika telah lewat waktu maka plasenta sudah tidak mampu lagi mencukupi kebutuhan sang bayi, saitu mensuplai makanan dari ibu kejanin. penyebabnya iala penurunan fungsi plasenta itu sendiri, sedangkan kapan persisnya penurunan fungsi ini tidak dapat diprediksi tetapi bisa dilihat dengan USG maupun uji kesejahteraan janin oleh dokter.

Usia 40 minggu. Berat bayi kurang lebih 3000 gram dan panjang kurang lebih 50-55 cm, bayi telah benar benar siap dilahirkan kedunia , tubuhnya licin dan verniks caccosa relatif banyak. Sejak usia kehamilan 36-37 minggu ibu telah merasakan desakan bagian terendah janin karena penurunan kepala yang sudah masuk kepintu atas panggul atau lightening perut ibu terasa berkontraksi, tegang pada dinding perut dan mengalami kesulitan dalam berjalan. Selain itu ibu akan mengalami sering buang air kecil .
Sejak kecil sudah diajari mengenal gambar, lihatlah betapa lucu dan lugunya 

Pada usia kehamialan yang sudah tua kontraksi ini akan semakin sering, namun rasa nyeri ringan hanya dibagian bawah saja dan datangnya tidak teratur, durasinya pendek dan tidak bertambah sakit bila beraktivitas, jika dilakukan pemeriksaan dalam tidak ditemukan pembukaan jalan lahir ataupun tanda persalinan yang lain ( lendir dan darah) semua gejala diatas sering disebut dengan his ( permulaan kontraksi palsu ) dan tanda persalinan sudah dekat. Namun apabila diakhir kehamilan ibu mengalami tanda tanda seperti berikut: Perut terasa berkontraksi, nyeri pinggang yg menjalar kedepan bersifat teratur, semakin kuat dan jika beraktivitas rasa nyeri semakin bertambah. Bila dilakukan pemeriksaan dalam terdapat pembukaan jalan lahir, keluar lendir atau darah, pada berapa kasus terjadi pecahnya ketuban yang menimbulkan pengeluaran cairan dari dalam meski sebagian besar ketuban pecah menjelang pembukaan lengkap. Berati ibu telah memasuki masa persalinan. Jika ibu masih dirumah tidak perlu cemas ataupun tergesa gesa, persiapkan diri ibu dan beri tahu suami/keluarga apa yang ibu rasakan saat itu.

Semoga engkau tumbuh menjadi anak yang berbakti nak
Dalam proses persalinan terdapat beberapa tahapan persalinan, antara lain :

Tahap pertama, terdiri atas tiga fase, dimulai dengan fase awal atau laten yang ditandai dengan kontraksi ang terjadi berjarak antara 15-20 menit, dengan pembukaan jalan lahir 0-3 cm, dilanjutkan fase aktif yang kontraksinya berjarak antara 3-5 menit dan pembukaan antara 4-8 cm,suatu fase yang disebut transisi terjadi dengan pelebaran 8-10 cm, pada akir tahap ini penipisan serviks antara 0%-100%.

Tahap kedua, dimulai ketika serviks telah sepenuhnya membuka (10 cm) dan dirasakan oleh ibu adanya dorongan untuk mengejan, tahap ini diakhiri dengan kelahiran bayi.

Tahap ketiga, yaitu setelah bayi lair sampai terlahirnya placenta / ari ari, biasanya terjadi antara 3-5 menit setela kelahiran bayi. oxitosin biasanya digunakan untuk membantu proses pengeluaran placenta pada tahap ini. (sumber: Al-Mawaddah)

Nurul Alvyastuti lahir pada hari Jum'at tanggal 06 Juli 2012 lalu
Buah hati sudah tumbuh jadi lucu dan imut
Terkadang seperti Bos, tak punya beban hidup, SANTAI
Itulah pengetahuan dasar beberapa tahapan di akhir masa kehamilan dan proses persalinan, semoga dapat bermanfaat dan menjadikan dasar pengetahuan bagi kita sebagai calon ayah bunda dalam menanti kelahiran sang buah hati tercinta. Buat calon ayah bunda, marilah kita kenali lebih dalam tentang tahapan akhir kehamilan dan proses kelahiran sang anak tercinta.


Mengabadikann foto sejak kecil bukti kasih sayang orangtua
buat sang buah hati dikala besar nanti
Moment bersama sang buah hati memang sebuah peristiwa dan pengalaman yang tak pernah terlupakan, ada duka dan pun ada sukanya. ketabahan orang tua dalam mendidik anak tumbuh menjadi anak-anak, remaja, dewasa sangat diperlukan, semoga esok engkau menjadi anak yang berbakti nak..
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Creating Website | Awaluddin, SE | Sekilas Pengalaman
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Sekilas Pengalaman Hidup - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Awaluddin, SE